Cargofy Membuat Asisten Virtual Untuk Sistem Makelar Muatan Truk Kontainer

Dilansir dari supplychain247.com, cargofy, startup yang berbasis di kota Cedar Rapids, Iowa, merupakan pengembang dari teknologi berbasis kecerdasan buatan untuk otomatisasi pekerjaan manual dalam bidang logistik. Cargofy berharap untuk mengubah industri pengiriman truk kontainer untuk beralih menggunakan makelar berbasis kecerdasan buatan yang dapat melakukan semua proses makelar tanpa keterlibatan manusia.

Stakh Vozniak, CEO Cargofy memutuskan untuk merilis perusahaan yang akan menyediakan solusi teknologi untuk mempermudah industri pengiriman bagi pemilik-operator truk independen. Hal ini dilakukan karena 80% barang diangkut dengan menggunakan truk, sehingga pasar untuk aplikasi ini sangatlah besar.

Cargofy mengembangkan aplikasi telepon pintar yang menyediakan akses mudah terhadap muatan kontainer bagi pengemudi truk. Muatan yang dapat diakses pengemudi truk diperhitungkan berdasar pada lokasi pengemudi, ketersediaan peralatan, rute dan rencana pengiriman.

Fase-fase dalam Aplikasi yang dibuat Cargofy

Aplikasi ini memiliki 3 fase utama. Fase pertama adalah “request”, dimana pengemudi truk meminta data muatan yang dapat diangkut melalui aplikasi. Pengemudi memasukkan data mengenai lokasinya serta kemampuan angkut atau kapasitas truk kedalam aplikasi sebagai bahan pertimbangan untuk aplikasi. Fase kedua adalah “matching”, algoritma aplikasi kemudian melakukan analisa terhadap data dari ribuan muatan yang ada. Dari analisa yang memperhitungkan data dari pengemudi truk, maka dipilihlah muatan yang paling sesuai untuk pengemudi truk. Fase terakhir adalah “deal” dimana pengemudi melakukan konfirmasi terhadap pesanan dan menyiapkan dokumen terkait. Dokumen ini dapat dipersiapkan oleh aplikasi, sehingga pengemudi dapat lebih cepat mengambil muatan.

Salah satu keuntungan yang diberikan Cargofy dalam software mereka adalah perhitungan harga menggunakan neural-net. Dengan menggunakan neural-net, biaya jasa yang ditawarkan merupakan konstanta biaya per mil yang dihitung dengan mempertimbangkan biaya perawatan, pembayaran leasing, depresiasi, gaji, serta keuntungan untuk setiap pengemudi truk. Untuk daerah dimana pengirim muatan membayar biaya pengiriman yang lebih murah dari tarif biaya per mil yang ditawarkan Cargofy, maka Cargofy akan membayar selisihnya sebagai kompensasi untuk pengemudi.

Kemudahan untuk Pengemudi Truk

Pengemudi truk dapat menghitung perkiraan pendapatan bulanan mereka jika mendaftar melalui aplikasi ini. Misalkan tarif biaya per mil 1,5 dollar, dan Cargofy menjamin pengemudi dapat menerima muatan dengan jarak tempuh per bulan 10.000 mil, maka pengemudi bisa mengharapkan mereka menerima pendapatan sebesar 15.000 dollar diakhir bulan.

Aplikasi ini dapat secara seketika menghitung harga pasaran. Harga pasaran dihitung oleh algoritma kecerdasan buatan dengan mempertimbangkan faktor seperti supply/demand, dinamika harga, kondisi musim, kondisi cuaca, serta kondisi jalan. Sehingga harga yang dihasilkan merupakan harga yang sesuai untuk kondisi pengangkutan saat itu juga.

Aplikasi ini juga mampu menghemat pengeluaran pemilik-operator truk. Dengan sistem makelar tradisional yang berupa perusahaan pengirim truk, pemilik-operator truk kehilangan lebih dari 60% keuntungan mereka. Biaya 200 dollar per muatan yang harus dibayarkan pemilik-operator truk kepada makelar dapat dihilangkan apabila menggunakan aplikasi dari Cargofy. Aplikasi ini mampu mencari dan mendapatkan muatan yang akan diangkut dengan lebih cepat. Cargofy menciptakan model transaksi yang lebih mulus dan tanpa cela dalam metode tagihan dan pembayaran bagi pemilik-operator truk.

Memudahkan Kehidupan Pemilik-Operator Truk

Vozniak mengatakan, “Saya tahu bahwa mengemudikan truk untuk mendapatkan penghidupan yang layak bukanlah hal yang mudah. Sekitar 3% dari seluruh pekerja Amerika adalah pengemudi truk. Misi kami sebagai perusahaan adalah untuk membuat kehidupan mereka lebih mudah. Itulah sebabnya tim kami membuat asisten virtual 24/7, aplikasi ponsel menyerupai Siri untuk pengemudi truk. Cargofy Partner membantu pengemudi truk untuk mencari muatan disekitar mereka, membuat dokumen terkait, memperhitungkan rute, dan menghemat uang dengan kartu diskon virtual untuk bahan bakar, roda, perawatan truk dan biaya anjak piutang. Algortima kecederasan buatan kami membantu pengemudi truk untuk menghemat biaya makelar hingga 18.000 dollar per tahun!”

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Cargofy telah mulai beroperasi di 3 negara yaitu Amerika Serikat, Ukraina, dan India. Perusahaan ini telah tumbuh hingga memiliki lebih dari 20 anggota tim. Lebih dari 400 pengemudi truk telah mendaftar, dan lebih dari 2000 pesanan telah diselesaikan. Dengan pendapatan lebih dari 2,5 juta dollar dalam penjualan, Cargofy telah terpilih sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat nomoer 2 di Iowa (mengacu pada Inc. 5000).

Baca Informasi Terkait Teknologi: Teknologi

Dengan menggunakan kecerdasan buatan, Cargofy ingin mengubah industri pengiriman truk untuk menggunakan makelar berbasis keceradasan buatan yang dapat melakukan seluruh proses tanpa keterlibatan manusia. Dengan menggunakan sistem pencocokan truk, aplikasi ini mencocokan truk yang melakukan request dengan muatan yang tersedia. Aplikasi ini memperhitungkan status truk, lokasi, parameter, serta kapasitas truk untuk kemudian secara otomatis mencocokkannya dengan muatan. Cargofy juga menerapkan pengeluaran dokumen secara otomatis dalam aplikasi mereka. Sehingga para pengemudi dapat memindai dan menandatangani dokumen saat sedang di jalan, membuat kegiatan ini nyaris tanpa kertas.
Keamanan Terjamin

Cargofy juga memberikan keamanan dalam bisins pengiriman truk. Aplikasi mereka dilengkapi dengan fitur pelacakan pesanan sehingga pengemudi tidak perlu lagi menjawab telepon saat sedang mengemudi. Hari-hari dimana makelar muatan harus menelepon pengemudi truk beberapa kali sehari untuk mengetahui lokasi mereka sudah lama hilang. Aplikasi ini secara otomatis melacak lokasi pengemudi menggunakan GPS dari ponsel pengemudi sehingga lokasi pengemudi dapat diketahui secara real-time.

Aplikasi ini juga membantu melakukan review dan kontrol pembayaran. Hal ini sangat membantu pengemudi truk independen untuk meningkatkan reputasi dan kredibilitas mereka, serta memastikan mereka menerima pembayaran atas pengiriman yang mereka lakukan. Dengan komisi untuk Cargofy yang hanya sebesar 4,99% dari biaya per muatan, pemilik-operator truk dapat menghemat banyak uang. Mereka tak perlu lagi membayar 200 dollar per muatan kepada makelar atau perusahaan pengirim truk tradisional setiap kali mereka mendapatkan muatan.

Cargofy Sudah digunakan Sehari-sehari

David, seorang pemilik sekaligus operator truk dari Iowa City, IA, mengatakan dia menggunakan Cargofy hampir setiap hari untuk mencari muatan. “Jika saya membutuhkan muatan, saya memasang permintaan menggunakan Cargofy Partner. Kemudian aplikasi ponsel tersebut melakukan sisanya”, ujar David. Aplikasi ini akan mempertimbangkan lokasi pengemudi, arah dan tujuan yang lebih diminati dari pengemudi yang memasang permintaan, tarif minimal biaya per mil, kemudian melakukan analisa terhadap ribuan muatan terdekat dan memilih 1 yang paling sesuai secara otomatis.

“Yang saya perlukan hanyalah melakukan konfirmasi terhadap muatan yang disarankan dan mempersiapkan pengirimannya. Cargofy mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan secara instan setelah saya menyetujui untuk mengangkut muatan tersebut. Dulu saya bekerja denga perusahaan makelar muatan, dan mereka membebankan biaya sebesar 12% untuk jasa yang sama, namun ada faktor manusia dan lambatnya eksekusi, hal-hal yang tidak saya temui dengan Cargofy. Aplikasi ini bekerja 24/7 dan hanya membebankan biaya 4,99% per muatan.”

Dengan akses harian terhadap 30.000 muatan, pengemudi tidak dibatasi dalam menggunakan aplikasi asisten virtual. Melalui integrasi papan muatan dan layanan gateway seperti Post Everywhere, Cargofy dapat menyediakan akses terhadap jumlah muatan yang sangat banyak kepada pengemudi.

Cargofy telah membawa perubahan terhadap paradigma dan menggeser cara kerja yang biasa dilakukan oleh pengemudi truk. Produk dari Cargofy akan sangat mempengaruhi industri pengiriman berbasis truk kontainer.

 

Referensi:

  1. SupplyChain247.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *