CMA CGM Meresmikan Kapal Antoine de Saint Exupery

Perusahaan CMA CGM meresmikan kapal kontainer terbaru mereka. Kapal yang kini menjadi  andalan terbaru mereka ini diberi nama kapal Antoine de Saint Exupery dan merupakan kapal berbendera Perancis dengan kapasitas yang paling besar.

Acara peresmian kapal ini dilakukan di Pelabuhan Le Havre, Perancis pada 6 September 2018 yang lalu. Acara tersebut dipimpin oleh Menteri Ekonomi Perancis, Bruno le Maire, dan Menteri Transportasi Perancis, Elisabeth Borne.

Kapal yang dikirim ke CMA CGM pada bulan Januari lalu telah mulai menjalankan jasa pelayanan mereka pada jalur pelayaran Perancis-Asia sejak bulan Februari yang lalu. Perlu diketahui bahwa jalur pelayaran Perancis-Asia merupakan jalur laut terpanjang di dunia. Jalur ini menghubungkan Asia dengan wilayah Eropa Utara.

Dengan ukuran panjang 400 meter dan lebar 59 meter, kapal ini memiliki kapasitas angkut 20.600 TEU. Ukuran tersebut menjadikannya kapal kontainer berbendera Perancis dengan kapasitas terbesar. Panjang kapal ini mencapai empat kali lipat panjang lapangan sepak bola. Kapal ini lebih besar dari gedung Empire State dan Menara Eiffel.

Kapal Antoine de Saint Exupery dilengkapi Teknologi Mutakhir

CMA CGM menyatakan bahwa kapal ini dilengkapi dengan sistem pengolahan air pemberat menggunakan sinar UV yang berfungsi mencegah penyebaran spesies invasif. Selain itu, kapal ini juga menggunakan Becker Twisted Fin yang mampu meningkatkan performa dari baling-baling kapal dan membantu mengurangi konsumsi energi yang digunakan untuk menggerakan baling-baling. Kapal ini juga dilengkapi dengan mesin generasi baru yang diklaim dapat mengurangi tingkat penggunaan minyak hingga 25% dan konsumsi bahan bakar hingga 3%. Selain itu, mesin generasi terbaru ini juga diklaim mampu mengurangi rerata emisi CO2 sebesar 3%.

Nama kapal Antoine de Saint Exupery diambil dari nama penulis, penyair sekaligus penerbang ternama dari Perancis. Penulis tersebut telah memiliki karya yang dikenal luas di dunia, yaitu ‘Wind, Sand and Stars’.

Selain kapal ini, CMA CGM juga memesan dua kapal lain dengan kapasitas yang sama, 20.600 TEU. Ketiga kapal tersebut dipesan pada tahun 2015 dari perusahaan Hanjin Heavy Industries and Construction yang terletak di Subic, Filipina. Salah satu kapal lain yang dipesan bersamaan adalah Louis Bleriot, kapal ini rencananya akan dikirimkan pada akhir tahun ini.

Sebelum kedatangan kapal Antoine de Saint Exupery, kapal andalan milik CMA CGM adalah CMA CGM Bougainville. Kapal tersebut dalam Ultra Large Container Vessels (ULCVs) atau kapal kontainer sangat besar, dengan kapasitas sekitar 18.000 TEU. Kini, setelah kedatangan kapal Antoine de Saint Exupery, posisi kapal Bougainville sebagai kapal andalan CMA CGM pun tergeser oleh kapal terbesar dan terbaru tersebut.

Referensi:

  1. gcaptain.com/CMA CGM Takes Delivery of France’s Biggest Ship, the 20,600 TEU ‘Antoine De Saint Exupery ‘ 
  2. WorldMaritimeNews.com/cma-cgm-inaugurates-its-20600-teu-giant/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *