Pelindo IV Gelar Raker II 2018

BUMN Indonesia yang mengelola pelabuhan di Kawasan Timur Indonesia (KTI) menggelar Raker II 2018. Raker tersebut dilaksanakan pada tanggal 24 September 2018 yang lalu. Bertempat di Ruang Serbaguna lantai 7 kantor pusat Pelindo IV Makassar. Raker Pelindo IV ini mengambil tema “Sinkronisasi dan Sinergi Program Pemerintah Daerah dengan PT Pelayaran Indonesia IV Untuk Meningkatkan Konektivitas dan Logistik Perdagangan di Kawasan Timur Indonesia.”

Dalam raker Pelindo IV ini, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PT Pelindo III dan Pelindo IV. Penandataganan dilakukan oleh Direktur Utama masing-masing perusahaan, Doso Agung mewakili Pelindo III dan Farid Padang mewakili Pelindo IV. Kerja sama yang akan dilakukan berfokus pada pembangunan Kawasan Timur Indonesia, salah satunya melalui perbaikan konektivitas. Hal ini sejalan dengan pesan dari Menteri BUMN, Rini Soemarmo, agar BUMN dapat saling bekerja sama dan bersinergi dengan BUMN lain.

Salah satu jenis kerja sama yang dilakukan adalah kerja sama pengelolaan pelabuhan dan terminal khusus (tersus). Beberapa terminal khusus yang akan dikelola bersama oleh Pelindo III dan Pelindo IV adalah terminal khusus gas Bintuni di Papua Barat. Selain itu, terminal khusus Morowali, Weda Bay di Halmahera, serta Luwu Timur juga akan dikelola bersama oleh kedua BUMN pelayaran tersebut.

Target Tercapai

PT Pelindo IV optimis dapat mencapai target laba mereka yang mencapai 1 triliun Rupiah. Kepercayaan diri ini datang dari banyaknya bisnis baru yang mereka miliki. Mulai dari hak kelola untuk pelabuhan-pelabuhan dibawah Perhubungan Laut, hingga pengelolaan terminal khusus. Terminal khusus baru yang mereka kelola antara lain, terminal khusus Nikel di Morowali, dan Weda Bay di Halmahera. Selain itu, rencana penambahan jumlah kapal feeder untuk meningkatkan konektivitas Kawasan Timur Indonesia juga merupakan salah satu sumber penghasilan kedepannya.

Rencana pembukaan 7 pelabuhan baru di Kawasan Timur Indonesia juga menambah kepercayaan diri PT Pelindo IV. Ketujuh pelabuhan tersebut adalah pelabuhan Ambon, Sorong, Manokwari, Merauke, Gorontalo, Ternate, dan Kendari.

Pada raker II 2018 ini, PT Pelindo IV juga mengundang 5 orang Gubernur di wilayah KTI. Mereka adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Kalimantan Timur, Gubernur Maluku, serta Gubernur Papua. Selain itu, raker ini juga dihadiri oleh seluruh GM cabang dan pejabat struktural Pelindo IV.

 

Referensi:

  1. http://inaport4.co.id/read/20180920/579/pelindo-iv-gelar-raker-ii-undang-kapolda-sulsel-5-gubernur
  2. http://makassar.tribunnews.com/2018/09/24/pelindo-iv-gelar-raker-ii-target-rp-1-triliun-laba-di-2018
  3. https://www.wartaekonomi.co.id/read196452/gelar-raker-ii-2018-pelindo-iv-undang-5-gubernur.html
  4. http://translogtoday.com/2018/09/25/pelindo-iv-dan-pelindo-iii-bersinergi-perkuat-konektivitas-di-kti

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *