Buka Trayek Baru, Subsidi Tol Laut Turun Tajam

­­­Kasi Tramper dan Pelayaran Rakyat Subdit Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dalam Negeri Hasan Sadili mengatakan bahwa anggaran subsidi untuk tol laut akan mengalami penurunan nilai pada tahun 2019. Penurunannya pun tidak sedikit, diperkirakan akan mendekati 50%.

Meskipun anggaran subsidi tol laut setiap tahun selalu naik sejak pertama program ini dijalankan, namun tahun depan subsidi tersebut akan dikurangi. Pada tahun 2016, nilai subsidi tol laut mencapai 218,9 miliar rupiah dan pada tahun 2017 nilainya mencapai 355 miliar rupiah. Sedangkan pada tahun 2019 mendatang, subsidinya hanya berkisar pada 224 miliar rupiah. Padahal tahun 2018 ini subsidi tol laut mencapai 447,6 miliar rupiah, atau hampir dua kali lipat anggaran subsidi tahun 2019 tersebut.

Turunnya Subsidi Tol Laut untuk Penghematan Anggaran

Alasan utama turunnya nilai subsidi tol laut untuk tahun 2019 adalah penghematan anggaran. Penghematan ini bertujuan untuk menyisihkan dana guna menambah trayek menjadi 21 trayek tol laut. Pihak Kementerian Perhubungan sendiri berencana untuk merubah susunan armada tol laut. Pada tahun-tahun sebelumnya, armada tol laut yang digunakan adalah 13 kapal utama dan 6 kapal pengumpan (feeder). Namun untuk tahun 2019, Kementerian Perhubungan akan merubah jumlah armada menjadi 6 kapal utama dan sisanya merupakan kapal feeder.

Saat ini, pihak Kementerian Perhubungan sedang mendiskusikan tentang metode pemberian subsidi tol laut. Apakah anggaran subsidi tersebut akan digunakan selama satu tahun atau hanya digunakan selama beberapa bulan. Apabila subsidi tersebut akan digunakan untuk satu tahun penuh, tentu nilai subsidi perbulannya akan lebih rendah jika dibandingkan dengan rencana subsidi yang hanya beberapa bulan saja. Yang jelas, anggaran dana subsidi program tol laut untuk tahun 2019 sudah dipastikan lebih rendah dari tahun 2018.

Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, program tol laut telah menyinggahi sekitar 58 pelabuhan di Indonesia. Pihak pemerintah berharap pada tahun 2019 mendatang, jumlah pelabuhan yang disinggahi dapat mencapai angka 81 pelabuhan. Oleh karena itu, peningkatan jumlah trayek harus dilakukan dengan baik agar target tersebut dapat tercapai.

 

Referensi:

  1. http://industri.bisnis.com/read/20181001/98/843952/subsidi-tol-laut-2019-turun-drastis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *