Beranda » Berita » Logistik dan Transportasi » Rencana Pembentukan Asosiasi Container Shipping

Rencana Pembentukan Asosiasi Container Shipping

Rencana Pembentukan Asosiasi Container Shipping

Lima perusahaan besar di industri container shipping berencana untuk membuat asosiasi container shipping. Asosiasi tersebut bertujuan untuk membuka jalan bagi digitalisasi, standarisasi, dan interoperabilitas di industri shipping kontainer.

Kelima perusahaan tersebut adalah CMA CGM, A.P. Moller-Maersk, MSC, Ocean Network Express, serta Hapg-Lloyd. Diwakili oleh IT Executives mereka, kelima perusahaan tersebut mulai berunding tentang pembentukan asosiasi ini.

Perwakilan Lima Perusahaan

A.P. Moller-Maersk diwakili oleh Chief Technology and Information Officer mereka, Adam Banks. CMA CGM diwakili oleh Madhana Kumar selaku Vice President, Transformation, Data & Digital. Hapag-Lloyd diwakili oleh Martin Gnass selaku Managing Director Information Technology. MSC Group diwakilih oleh Chief Information Officer, André Simha. Sedangkan Ocean Network Express diwakili oleh Noriaki Yamaga, Managing Director, Corporate & Innovation.

Dalam perundingannya, para pejabat IT dari kelima perusahaan tersebut berharap dapat mendapatkan standar IT yang dapat digunakan besama untuk industri shipping kontainer. Mereka berharap hasil dari pertemuan tersebut dapat tersedia secara gratis untuk seluruh stakeholder di industri container shipping. André Simha mengatakan bahwa dengan adanya standar IT yang seragam dapat menguntungkan bagi pelanggan dan stakeholder lainnya dalam industri shipping kontainer.

Ia juga mengatakan bahwa asosiasi ini berusaha untuk meningkatkan transparansi dalam industri ini. Dengan waktu yang dirasa sudah tepat karena teknologi baru dapat menciptakan kesempatan yang ramah pelanggan. Ia berharap asosiasi ini dapat mendapatkan traksi dalam memperkenalkan gebrakan teknologi serta pelayanan kepada pelanggan.

Asosiasi Container Shipping yang Netral

Rencana yang dibicarakan dalam pertemuan mereka adalah mengenai pembentukan asosiasi yang netral serta non-profit. Asosiasi tersebut akan mengajak seluruh penyedia jasa kapal pengangkut untuk bergabung menjadi anggota asosiasi. Dengan target operasi mulai awal tahun 2019, asosiasi ini akan mematuhi seluruh peraturan dan persyaratan hukum yang diperlukan.

Meskipun sudah terdapat banyak organisasi dan asosiasi dalam industri shipping, para anggota asosiasi ini merasa masih diperlukan adanya lembaga yang netral. Selain netral, lembaga tersebut juga harus bersifat non-profit. Tujuannya adalah untuk memberikan manfaat atau keuntungan bagi industri shipping kontainer beserta para stakeholdernya.

Asosiasi ini tidak berencana untuk mengembangkan atau mengoperasikan platform digital. Mereka hanya memiliki tujuan untuk memastikan adanya interoperabilitas melalui standarisasi. Asosiasi ini juga tidak akan mendiskusikan tentang permasalahan komersil atau operasional.

 

Referensi:

  1. http://www.cma-cgm.com/news/2303/cma-cgm-a-p-moller-maersk-hapag-lloyd-msc-and-ocean-network-express-plan-to-establish-container-shipping-association
Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *