Beranda » Informasi Umum » Pelindo II Menjadi Yang Terbaik Di 2018

Pelindo II Menjadi Yang Terbaik Di 2018

PELINDO II MENJADI YANG TERBAIK DI 2018

Tahun 2018 merupakan tahun yang sangat baik untuk Pelindo II. Pada tahun tersebut, 2 cabang PT Pelindo II mendapat penghargaan sebagai perusahaan jasa pelabuhan terbaik di Indonesia. Kedua cabang tersebut adalah IPC cabang Panjang dan IPC cabang Palembang. Penghargaan yang diterima bertajuk ‘The Best Indonesia Port Company & Service Excellent of The Year’. Penghargaan ini diberikan pada acara ‘Indonesia 50 Best Companies Award’. Acara ini merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh Indonesia Achievement Center.

IPC cabang Panjang menerima penghargaan tersebut pada 23 November 2018 yang lalu. Penghargaan tersebut diserahkan kepada IPC cabang Panjang di Menara Peninsula, Hotel Jakarta. Selain itu, IPC cabang Panjang juga dinobatkan sebagai peraih penghargaan ‘The Best Performance’ pada rapat kerja nasional (rakernas) Pelindo II.

Sebelumnya, pada 17 September 2018 yang lalu, IPC cabang Panjang juga berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan kategori tertinggi prima utama diberikan pada IPC cabang panjang untuk pelayanan terminal curah kering dan terminal petikemas. Penghargaan ini diberikan pada acara ‘Indo Trans Expo 2018’.

Meneruskan tren positif dari IPC cabang Panjang, IPC cabang Palembang pun juga meraih penghargaan yang sama pada bulan Januari 2019. Bertempat di Grand Ballroom 1 Hotel Santika Premiere Dyandra Hotel, Medan pada 11 Januari 2019 yang lalu, acara ‘Indonesia 50 Best Companies Award 2019’ dilaksanakan. IPC cabang Palembang dinilai berhasil dalam membenahi dan menata pelabuhan Palembang.

Digital Port

Pembenahan dan penataan yang telah dilakukan antara lain adalah penerapan konsep menuju digital port. Mulai dari penerapan auto gate, auto tally, sistem ticketing online, hingga tempat penimbunan sementara (TPS) (temporary storage yard) online. Selain itu, pihak IPC Palembang juga melakukan perbaikan gudang, penguatan dermaga, re-layout terminal multipurpose, hingga penataan terminal penumpang.

Kualitas pelayanan pelabuhan Palembang pada tahun 2018 yang meningkat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan mereka mendapat penghargaan ini. Keberhasilan dalam meningkatkan layanan ini merupakan salah satu hasil dari kepemimpinan GM IPC Palembang, Agus Edi Santoso. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Medan, Agus Suryono. Sedangkan dari IPC Palembang diwakili oleh asisten DGM rendal dan kepaduan, Risdianto Wibowo.

Proses serta metode penilaian yang digunakan dalam pemberian penghargaan ini adalah menilai kualitas, performa, tanggung jawab, transparansi, serta attractiveness. Beberapa parameter yang dijadikan acuan penilaian adalah ketersediaan produk atau jasa yang inovatif, kualitas pengelolaan manajemen, adaptabilitas pelayanan, serta tanggung jawab sosial.

Penghargaan ini menjadi motivasi bagi IPC Palembang untuk terus meningkatkan tingkat pelayanan agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas dan baik. Hal ini selaras dengan visi Pelindo II, yaitu ‘Menjadi pengelola pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan’.

Sebelumya, IPC Palembang juga telah dianugerahi penghargaan dari Kementerian Perhubungan. Penghargaan tersebut bertajuk ‘Pelayanan Prima Unit Pelayanan Publik Sektor Transportasi 2018’. Kategori yang diberikan pada IPC Palembang ialah kategori prima pratama untuk penilaian terminal petikemas Palembang.

 

Referensi:

  1. https://oceanweek.co.id/ipc-palembang-raih-the-best-indonesia-port-company/
  2. https://www.detiksumsel.com/ipc-palembang-raih-penghargaan-best-company-award/
  3. https://lampungpro.com/post/16069/ipc-panjang-raih-penghargaan-the-best-indonesian-port-company-and-service-excellent

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *