Beranda » Informasi Umum » Ekonomi » BP Batam Berencana Incar Pasar Domestik

BP Batam Berencana Incar Pasar Domestik

BP Batam Incar Pasar Domestik

Pasar industri Batam saat ini masih berfokus untuk melayani pasar luar negeri. Namun, seiring berkembangnya Indonesia, pasar dalam negeri ikut berkembang. Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Edy Putra Irawady memperkirakan terdapat lebih dari 250 juta konsumen dalam negeri. Dengan besarnya potensi pasar domestik tersebut, Edy berencana untuk menyasar pasar domestik.

Langkah yang akan diambil oleh Kepala BP Batam tersebut antara lain adalah mengajukan perubahan status Batam dari Free Trade Zone (FTZ) menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Dengan perubahan status menjadi KEK, Edy berharap agar pengusaha dapat memperoleh kemudahan untuk menjual produk mereka ke pasar domestik. Hal ini dirasa dapat menjadi pengganti untuk impor sehingga dapat mengurangi jumlah impor yang akan dilakukan Indonesia untuk kedepannya.

Selain menjadi Kawasan Ekonomi Khusus, Edy menyampaikan niatannya untuk menjadikan Batam sebagai salah satu gerbang ekspor nasional. Hal ini berarti ia ingin agar barang dari Indonesia yang akan diekspor dapat dikumpulkan terlebih dahulu di Batam. Setelah itu, barang tersebut akan diekspor bersamaan sesuai dengan tujuan ekspor. Tujuannya adalah untuk meminimalisir keberangkatan kapal ekspor berangkat dengan muatan tidak penuh. Sehingga logistic cost yang tinggi dapat ditekan agar meringankan beban pengusaha dan konsumen.

Pengembangan Bandara dan Pelabuhan

Demi mewujudkan visi tersebut, Edy menyampaikan bahwa program dari kepemimpinan sebelumnya akan dilanjutkan. Program yang dilanjutkan antara lain adalah program pengembangan bandara Hang Nadim dan pelabuhan Batuampar. Pelabuhan dan bandara ini diharapkan dapat menjadi salah satu gerbang utama ekspor Indonesia.

Selain sektor logistik, Edy juga memiliki orientasi lain untuk pengembangan Batam. Salah satunya adalah sektor pariwisata. Ia ingin meningkatkan jumlah turis yang masuk ke Batam. Ia merasa Batam perlu mengadakan event tahunan yang dapat menarik minat wisatawan untuk rutin mengunjungi Batam tiap tahunnya.

Ia juga menekankan akan pentingnya peningkatan tingkat jasa kesehatan dan pendidikan. Edy menyampaikan bahwa tugasnya sebagai Kepala BP Batam adalah untuk menyiapkan rencana terkait arah pengembangan wilayah Batam. Khususnya pengembangan Batam di sektor ekonomi agar dapat tumbuh dengan positif.

 

Referensi:

  1. http://batam.tribunnews.com/2019/01/15/edy-putra-irawady-siapkan-batam-untuk-pasar-domestik-proyek-pelabuhan-dan-bandara-tetap-dilanjutkan
  2. https://oceanweek.co.id/edy-putra-akan-ubah-batam-sebagai-pasar-domestik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *