Pemerintah Berencana Kembangkan 7 Pelabuhan

Untuk menunjang pertumbuhan ekonomi dan sektor industri, pemerintah berencana untuk mengembangkan 7 pelabuhan untuk hub berkelas internasional. Pelabuhan yang akan dikembangkan tersebut rencananya akan diintegrasikan dengan kawasan industri dalam negeri. Dengan mengintegrasikan pelabuhan tersebut dengan kawasan industri dalam negeri, pemerintah berharap agar sektor industri dalam negeri dapat tumbuh lebih baik.

Tujuh pelabuhan yang akan dikembangkan untuk menjadi hub berkelas internasional antara lain adalah Tanjung Priok, Kuala Tanjung / Belawan, Kijing, Bitung, Tanjung Perak, Makassar, serta pelabuhan Sorong. Seluruh pelabuhan tersebut akan dibentuk sebagai jaringan pelabuhan terpadu. Jaringan pelabuhan terpadu ini akan menghubungkan sisi paling barat Indonesia di Kuala Tanjung, Sumatra Utara dengan sisi paling timur Indonesia di pelabuhan Sorong.

Hub Internasional

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa saat ini kajian mengenai pengembangan pelabuhan untuk menjadi hub internasional tersebut masih dalam proses finalisasi. Ia menambahkan bahwa nanti setelah proyek ini dimulai, Tanjung Priok akan menjadi hub paling besar di Indonesia.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa hub ini kelak dapat menyaingi dominasi Singapura. Ia berharap dengan adanya hub berkelas internasional ini kelak, Indonesia dapat mengurangi dominasi Singapura dalam sektor hub internasional serta memindahkan kebutuhan penggunaan hub menuju hub dalam negeri. Selain itu, proyek pengembangan pelabuhan ini juga dapat menjadi salah satu penyempurnaan dari program tol lautyang sudah berjalan.

Kepala Bappenas juga mengatakan bahwa rencananya hub ini akan dibangun berbeda-beda. Alasannya adalah melihat jenis golongan kapal yang akan masuk melalui hub tersebut. Sehingga diperlukan rencana pembangunan hub agar dapat sesuai dengan kebutuha di lapangan.

Pelabuhan-pelabuhan yang akan dikembangkan menjadi hub ini akan diintegrasikan dengan kawasan industri. Proses pengintegrasian ini dilakukan dengan mempertimbangkan tingkat konektivitas wilayah tersebut. Mulai dari ketersediaan jalur kereta, jalan tol, hingga jalan raya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi serta kemudahan pengiriman barang dari kawasan industri menuju pelabuhan dan sebaliknya.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden atau Perpres sebagai payung hukum bagi rencana pengembangan pelabuhan ini. Selain itu, pemerintah melalui Bappenas akan menyiapkan berbagai insentif agar tarif pelayanan di pelabuhan menjadi lebih murah.

 

Referensi:

  1. https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/15/223700026/saingi-singapura-7-pelabuhan-ini-akan-dijadikan-hub-internasional
  2. https://www.merdeka.com/uang/saingi-singapura-pemerintah-bangun-7-pelabuhan-hub-berkelas-dunia.html
  3. https://www.kabarbisnis.com/read/2889502/saingi-singapura-pemerintah-kebut-7-pelabuhan-hub-berkelas-internasional
  4. https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1121557-saingi-singapura-ri-matangkan-pembentukan-tujuh-pelabuhan-hub

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *