Peresmian Pelabuhan Sibolga

Pelabuhan yang mulai dikembangkan dan ditata sejak Agustus 2016 lalu kini telah diresmikan. Peresmian pelabuhan ini dilakukan pada 17 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo. Pelabuhan ini terletak di kecamatan Sambas Sibolga, Sumatera Utara.

Pemerintah melakukan pengembangan dan penataan pelabuhan ini dengan tujuan untuk membangkitkan kembali pelabuhan-pelabuhan di pantai barat. Pelabuhan di pantai barat dinilai sebagai pelabuhan yang strategis baik secara ekonomi maupun logistik barang dan jasa.

Pengembangan Pada Berbagai Aspek

Pengembangan yang dilakukan pada pelabuhan Sibolga antara lain perluasan dermaga multipurpose. Dermaga multipurpose pelabuhan ini kini memiliki panjang hingga 153 meter dan lebar 31,5 meter. Tambatan pelabuhan kini memiliki panjang 405 meter. Selain itu, penguatan dermaga existing dan penambahan luas dermaga ferry juga dilakukan. Dermaga ferry tersebut kini diperluas seluas 400 meter persegi.

Dengan pengembangan tersebut, pelabuhan Sibolga kini dapat menampung hingga 4 kapal ukuran 6.000 GT untuk bersandar. Pembangunan fasilitas container yard juga dilakukan untuk mendukung operasi pelabuhan. Kapasitas yang dibangun mencapai 20.000 TEU per tahun.

Perkuatan trestle dan breasting dolphine juga menjadi bagian dari pengembangan dan penataan pelabuhan Sibolga. Selain itu, untuk mendukung operasi bongkar muat, pelabuhan Sibolga juga dilengkapi dengan fix crane berkapasitas 40 ton.

Terminal Penumpang

Selain mengembangkan terminal barang, pemerintah juga turut mengembangkan terminal penumpang yang ada di pelabuhan ini. Sebelum dikembangkan, terminal pelabuhan Sibolga hanya mampu menampung 80 penumpang. Namun setelah pengembangan, terminal penumpang kini mampu menampung hingga 500 penumpang. Hal ini karena terminal penumpang telah dikembangkan menjadi 2 lantai beratap dengan luas mencapai 2.786 meter persegi.

Dengan melakukan pengembangan pada pelabuhan Sibolga, Presiden Joko Widodo berharap dapat mendorong geliat logistik barang dan jasa maupun penumpang di Sibolga. Hal ini agar dapat mendorong perekonomian di Sibolga untuk berkembang.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pelabuhan Sibolga kedepannya akan ditambah fasilitas untuk melayani komoditas curah cair. Dengan penambahan tersebut, kelak pelabuhan ini akan melayani penumpang, kontainer, serta komoditas curah cair. Menteri Budi juga mengatakan bahwa pelabuhan Sibolga merupakan pelabuhan terbaik di bagian barat Sumatera untuk saat ini.

Referensi:

  1. http://dephub.go.id/post/read/presiden-jokowi-resmikan-penataan-dan-pengembangan-pelabuhan-sibolga
  2. http://dephub.go.id/post/read/tinjau-pelabuhan-sibolga,-menhub-ini-pelabuhan-terbaik-di-bagian-barat-sumatera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *