Pelabuhan Panjang Menjadi Gerbang Perdagangan Internasional Baru Jalur Laut

Dampak dari dibukanya tol laut di Pelabuhan Panjang, Lampung, untuk pertama kalinya kapal kargo peti kemas bernama MV Bathasar Schulte sepanjang 262 meter berlabuh. Hal ini menjadikan Pelabuhan Panjang dan Provinsi Lampung sebagai gerbang perdagangan internasional baru jalur laut.

Efek dari pembangunan pemerintah di sektor kemaritiman turut dirasakan di terminal peti kemas Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, yang melayani kapal lintas negara dengan panjang 262 meter dengan kapasitas muatan  4250 TEUs. Kapal MV Bathasar Schulte merupakan kapal dagang dengan rute dari Panjang ke Kaohsiung (Taiwan), Busan (Korea), dan Shanghai (China).

“Kapal dengan kapasitas 4.250 TEUs ini merupakan kapal peti kemas terpanjang yang pernah sandar di dermaga yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang,” kata Davit Sirait, Senior Vice President Pelayanan Terminal PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) di Bandarlampung, Selasa (26/3/2019).

Menurutnya, kapal yang dioperasikan oleh Sealand Maersk tersebut tiba di Pelabuhan Panjang, pada Senin pukul 16.00 WIB langsung menjalanani proses pemanduan dan penyandaran yang telah melalui koordinasi berbagai pihak.

Selanjutnya, David menjelaskan, dengan hadirnya kapal besar ini akan mengefisienkan logistik di sektor pelayaran. Baik itu efisiensi dari sisi waktu maupun biaya. Karena dengan hadirnya kapal ini, logistik tidak perlu lagi transit di Singapura. Bisa langsung ke negara tujuan.

“Jadi barang-barang ekspor yang tadinya ke Singapura dulu bisa langsung ke tujuan pembeli. Ini sesuai arahan pemerintah untuk turunkan biaya logistik. Kalau ke Singapura ada cost tambahan US$ 200-250 per kontainer. Jadi ada kapal besar tarif lebih murah, tidak mampir dulu ke Singapura, dan waktu (pengiriman) lebih pendek,” tuturnya.

Walikota Bandar Lampung Optimis

Dengan berlabuhnya kapal ini menandakan Pelabuhan Panjang siap dijadikan jalur tol laut rute perdagangan internasional. Walikota Bandar Lampung mengaku optimis ekonomi Lampung akan semakin maju dengan adanya pelayaran lintas negara dan berharap produk UMKM dapat diekspor ke luar negeri.

“(Peti kemas) bisa langsung ke luar negeri, tidak perlu mampir-mampir lagi ke (Pelabuhan) Tanjung Priok. Bisa sangat menguntungkan bagi pengusaha kecil dan menengah. Bisa ikut karena biayanya murah,” kata Herman HN, Walikota Bandar Lampung.

Dapat Meningkatkan Ekspor dan Logistik 10%

Sementara itu Direktur Utama IPC Terminal Peti Kemas M. Adji mengatakan komoditas yang dikirim dari Pelabuhan Panjang ini merupakan komoditas hasil bumi. Komoditas tersebut misalnya nanas, pisang, kopi, dan karet. Dengan hadirnya kapal besar di Pelabuhan Panjang juga maka kegiatan ekspor juga akan lebih meningkat.

Adji juga mengatakan jika Pelabuhan Panjang ini memiliki potensi yang cukup baik. Dengan hadirnya Tol Trans Sumatera yang bisa mendorong logistik lebih berkembang hingga 10%.

“Jadi kemarin kita itung-itung kita harapkan ada tambahan (pengiriman logistik) 10%” katanya, dilansir dari Detik.

Kapasitas Kapal Lebih Besar

Dilansir dari Tribun Lampung, Country Manager Sealand Maersk Indonesia Joshua mengungkapkan, Kapal MV Balthasar Schulter mengungkapkan, melalui rute langsung tersebut, kapal ini bisa membawa lebih banyak produk ekspor dari Lampung dan Sumatera bagian selatan.

“Ada peningkatan sekitar 167 persen di ruangan dalam kapal, peningkatan 46 persen untuk kapasitas reefer (lemari es), dan pengurangan sampai 69 persen waktu transit,” beber Jhosua.

“Kami percaya bahwa layanan baru yang menghubungkan secara langsung dari Panjang ke China, Korea Selatan, dan Rusia ini akan memberikan konektivitas baru bagi pelanggan. Serta, akan mendukung perdagangan internasional tidak hanya untuk Lampung, tapi juga Sumatera bagian selatan,” imbuhnya.

Referensi:

  1. http://lampung.tribunnews.com/2019/03/26/kapal-mv-balthasar-masuk-pelabuhan-panjang-herman-hn-menguntungkan-bagi-pengusaha-kecil-menengah
  2. https://sumatra.bisnis.com/read/20190326/534/904527/pelabuhan-panjang-catat-rekor-layani-kapal-terpanjang
  3. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4483729/kapal-raksasa-perdana-bersandar-di-pelabuhan-panjang-lampung
  4. https://oceanweek.co.id/weekly-service-direct-call-panjang-intra-asia/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *