Beranda » Berita » Pelabuhan dan Terminal » Terminal Peti Kemas Domestik Belawan Tingkatkan Pelayanan

Terminal Peti Kemas Domestik Belawan Tingkatkan Pelayanan

TPKD Belawan

Terminal Peti Kemas Domestik Belawan atau TPKD Belawan adalah salah satu cabang dari Pelindo I. Terminal ini memiliki fungsi untuk mengelola kegiatan bongkar muat peti kemas domestik antarpulau.

Pada hari sabtu tanggal 30 Maret 2019 yang lalu, 2 Ship-To-Shore crane atau STS Crane tiba di dermaga Terminal Peti Kemas Domestik Belawan. Sebelumnya, sejumlah 4 Rubber Tyred Gantry atau RTG yang merupakan alat bongkar muat peti kemas juga telah didatangkan ke TPKD Belawan. Tujuan dari Pelindo I selaku pengelola dari TPKD Belawan mendatangkan sejumlah alat tersebut adalah untuk meningkatkan kecepatan proses bongkar muat di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan.

STS Crane

STS Crane yang didatangkan ini dikirim dari pelabuhan Oita, Jepang. Pengiriman crane tersebut menggunakan kapal tugboat Salvage Ace dan Barge Tenma. Kedua STS tersebut merupakan produk dari Mitsui E&S Machinery Co., Ltd asal Jepang.

Dengan tambahan peralatan tersebut, kini TPK Domestik Belawan memiliki fasilitas bongkar muat yang lebih banyak. Fasilitas bongkar muat yang ada di TPKD Belawan antara lain adalah 20 unit Terminal Tractor, 9 unit Rubber Tyred Gantry atau RTG, 4 unit Mobile Harbour Crane, 6 unit Container/STS Crane, 7 unit Reachstacker, 2 unit Sideloader, dan 1 unit Forklift.

Meningkatkan Produktivitas

GM Terminal Peti Kemas Domestik Belawan, Indra Pamulihan mengatakan bahwa TPKD Belawan selama beberapa tahun terakhir selalu mengalami peningkatan produktivitas. Peningkatan produktivitas yang dialami pun cukup signifikan. Bahkan pada tahun 2018 yang lalu, TPKD Belawan berhasil mencapai troughput hingga lebih dari 500 ribu TEUs.

Indra menyampaikan harapannya mengenai peningkatan produktivitas TPKD Belawan dengan kedatangan 2 STS Crane baru tersebut. tujuannya adalah agar volume barang di Terminal Peti Kemas Domestik Belawan dapat meningkat. Peningkatan volume tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian wilayah, khususnya di Sumatera Utara.

Alasan lain dari TPK Domestik Belawan mendatangkan 2 STS crane baru ini adalah untuk menciptakan terminal ramah lingkungan. Serta agar mampu melakukan aktivitas bongkar muat yang efektif dan efisien. Oleh karena itu lah PTKD Belawan memutuskan untuk mendatangkan untuk mendatangkan fasilitas kepelabuhan yang bertaraf Internasional. Hal ini sejalan dengan komitmen manajemen Pelindo I untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada para pengguna jasa.

Referensi:

  1. https://medanmerdeka.com/ekbis/tingkatkan-pelayanan-pelindo-1-datangkan-2-unit-sts/
  2. https://oceanweek.co.id/tpk-domestik-belawan-datangkan-2-unit-sts/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *