Maersk Tankers Membukukan Kerugian pada Kondisi Pasar yang Sulit

Meskipun Maersk mampu mengungguli pasar dalam hal perbandingan waktu sewa dengan pendapatan dan biaya, tahun 2018 merupakan tahun yang menantang secara keuangan bagi Maersk Product Tankers. Pada tahun tersebut, Maersk Product Tankers berada pada titik harga pasar terendah dalam 10 tahun terakhir. Namun neraca keuangan yang kuat dan investasi yang signifikan telah membuat pondasi yang kuat untuk masa depan.

“Pada tahun 2018, kami meneruskan usaha kami untuk menciptakan pertumbuhan berkelanjutan yang menguntungkan untuk jangka panjang bagi Maersk Product Tankers dibawah kepemilikan dari A.P. Moller Holding AVS dan Mitsui & Co Ltd. Kami berinvestasi pada masa depan dari bisnis ini. Terutama pada area yang akan memperkuat kami secara komersial dan operasional, sambil fokus terhadap keselamatan dan menjaga biaya operasi rutin kapal pada tingkat yang kompetitif,” ungkap Christian M. Ingerslev, CEO dari Maersk Product Tankers.

Perusahaan mencatatkan kerugian sebelum pajak sejumlah 35 juta dolar amerika dan negative free cash flow sebesar 27,7 juta dolar amerika. Padahal pendapatan tahun 2018 mencapai 647 juta dolar amerika. Hasil ini disebabkan oleh rendahnya nilai harga pasar. Namun Maersk Product Tankers mampu mengungguli nilai quarter on quarter pasar danĀ  mewujudkan penurunan pada time charter equivalent. Penurunan tersebut sebesar 2,7 persen, jika dibandingkan dengan penurunan 2017 di pasar yang mencapai 14,5 persen.

“Tentu saja, kami tidak merasa puas dengan hasil ini. Kami merupakan salah satu dari beberapa perusahaan terdepan dalam industri ini yang memimpin dalam hal performa dan biaya, meskipun kondisi pasar sedang sulit. Kami mampu mencapai ini melalui kerjasama kami dengan Maersk Tankers, menggunakan kapabilitas dagang mereka yang kuat, data insights, serta solusi digital yang baru, dimana perusahaan telah menginvestasikan jumlah yang cukup banyak dalam beberapa tahun terakhir. Kami yakin kami berada pada jalur yang tepat untuk masa yang akan datang,” ucap Ingerslev.

Mempertahankan Armada yang Kompetitif

Maersk Product Tankers telah berinvestasi secara signifikan dalam hal optimasi armada mereka pada tahun tersebut. Maersk Tankers memastikan armada yang kompetitif yang cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan perdagangan pelanggan. Pada tahun 2018, perusahaan ini mengambil pengiriman dari 4 pembangunan baru MR, membuat total armada mereka menjadi 81 kapal.

Pada kondisi pasar dimana harga berada pada titik terendah dari siklus pasar, komitmen modal mencapai 384,4 juta dolar amerika. Di tahun 2018 sendiri, perusahaan menginvestasikan 146,7 juta dolar amerika. Dengan harga aset yang menarik, jajaran direksi perusahaan menyetujui pemesanan 6 pembangunan baru LR2. Maersk Product Tankers memiliki pilihan untuk memesan tambahan 4 kapal LR2, yang mana baru akan diputuskan pada tahun 2019.

“Kami telah siap untuk mengambil keuntungan dari kesempatan yang muncul di pasar, mempertahankan posisi pemimpin pasar dan tetap menjadi pemilik kapal pilihan pelanggan. Hal ini dapat kami lakukan karena neraca keuangan yang kuat yang mampu membuat kami mengamankan armada berkualitas tinggi dan kompetitif yang mampu memenuhi permintaan pelanggan untuk pengangkutan kargo internasional yang aman, efisien, serta reliable,” ungkap Ingerslev.

Diposisikan Untuk Masa Depan

Maersk Product Tankers tetap merasa positif mengenai prospek jangka menengah dan jangka panjang dari industri tanker. Dan telah berada posisi yang baik untuk mengeksploitasi kesempatan yang akan muncul.

Dari sisi permintaan, perdagangan diperkirakan akan meningkat secara tajam, didorong oleh regulasi terkait sulfur yang baru, IMO 2020. Dengan pertumbuhan supply kapal yang menurun dan permintaan kapal yang diperkirakan akan naik, biaya pengankutan menggunakan kapal produk tanker diperkirakan akan naik, dimulai pada akhir 2019. Hasil Maersk Product Tankers untuk 2019 diperkirakan akan membaik dikarenakan tarif kapal yang lebih tinggi dan biaya operasi yang lebih rendah.

Referensi:

  1. http://www.shippingherald.com/maersk-tankers-posts-loss-in-tough-market/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *