Beranda » Informasi Umum » Ekonomi » Defisit Perdagangan AS Mencapai Terendah Sejak 2016 Karena Impor Anjlok

Defisit Perdagangan AS Mencapai Terendah Sejak 2016 Karena Impor Anjlok

  • by
Defisit perdaganan AS

Kesenjangan antara impor dan ekspor AS menyusut ke level terendah dalam tiga tahun terakhir. Hal ini terjadi pada November 2019 menyusul penurunan 15 persen dalam defisit perdagangan tahunan AS dengan China. Defisit perdagangan AS turun lebih dari yang diperkirakan pada November 2019 menjelang negosiasi dengan China yang menurunkan tensi perang tarif yang membara antara kedua belah pihak.

Defisit barang dan jasa turun menjadi USD 43,09 miliar pada bulan tersebut. Di bawah perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones yang memprediksi USD 43,6. miliar. Turun tajam dari USD 46,9 miliar pada Oktober, yang direvisi lebih rendah dari USD 47,2 miliar yang awalnya dilaporkan, menurut CNBC.

Presiden Donald Trump telah menjadikan pengurangan defisit perdagangan sebagai prioritas utama pemerintahannya. November menandai bulan pertama bahwa itu benar-benar terjadi. Kesenjangan terus tumbuh meskipun Gedung Putih menekan Beijing untuk melonggarkan hambatan perdagangan dan untuk menghentikan penggunaan teknologi AS.

Defisit dengan China turun USD 2,2 miliar pada November menjadi USD 25,6 miliar karena kenaikan ekspor $ 1,4 miliar dan penurunan impor USD 800 juta. Penurunan impor diperkirakan tidak akan berlangsung lama tetapi kemungkinan akan berkontribusi pada pembacaan PDB kuartal keempat yang lebih kuat.

Secara keseluruhan untuk AS, ekspor naik USD 1,4 miliar menjadi USD 208,6 miliar. Sementara impor turun USD 2,5 miliar menjadi USD 251,7 miliar.

Pada basis tahun-ke-tanggal, total defisit barang dan jasa turun USD 3,9 miliar, atau 0,7 persen, dari periode yang sama pada tahun 2018, hampir seluruhnya disebabkan oleh penurunan impor.

Referensi:

  1. https://www.straitstimes.com/business/economy/us-trade-deficit-at-three-year-low-as-imports-tumble
  2. https://www.ft.com/content/bccf8afa-3153-11ea-9703-eea0cae3f0de
  3. Shipping Gazette

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *