Beranda » Berita » Pelayaran dan Perkapalan » Menurunkan Emisi Karbon Tidak Boleh Ditunda Lagi

Menurunkan Emisi Karbon Tidak Boleh Ditunda Lagi

  • by

Industri perkapalan harus bertindak sekarang untuk memenuhi target PBB untuk mengurangi emisi karbon pada tahun 2050. Hal ini disampaikan para pejabat terkemuka pada hari Rabu (12/11), menjelang pertemuan minggu depan yang akan mengupayakan untuk memajukan rencana.

Organisasi Maritim Internasional (IMO) telah menyampaikan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari kapal hingga 50% dari tingkat 2008 pada 2050.

Sekitar 90% perdagangan dunia diangkut melalui laut. Emisi karbon dari pengiriman dalam periode enam tahun hingga 2018 menyumbang 2,9% dari CO2 dunia. Hal ini tertulis dalam studi terbaru oleh IMO yang dirilis pada Agustus. Hasil studi ini tentu saja menambah tekanan pada industri untuk menurunkan level emisi karbon.

International Chamber of Shipping (ICS), telah mengusulkan untuk membuat dana penelitian untuk menemukan teknologi yang tepat untuk memenuhi target. ICS sendiri mewakili lebih dari 80% armada pedagang dunia.

“Penurunan CO2 sebanyak 50% tahun 2050 hanya dapat dicapai dengan meningkatkan efisiensi karbon armada dunia sekitar 90%. Ini hanya akan mungkin jika sebagian besar armada menggunakan bahan bakar zero-carbon yang layak secara komersial, ” kata ICS dalam sebuah laporan pada hari Rabu.

Usulan tersebut akan dibahas pada sesi IMO’s virtual Marine Environment Protection Committee minggu depan. Usulan ini dibahas karena berusaha untuk membuat kemajuan dalam tujuan penurunan emisi karbon.

Pengembangannya sendiri telah mulai menguji bahan bakar ramah lingkungan, termasuk hidrogen, tetapi penghitungan ekonominya masih diragukan. Sekretaris Jenderal ICS Guy Platten menyebut bahwa hal tersebut menimbulkan keputusan sulit mengingat bahwa investasi di kapal biasanya hingga 30 tahun.

“Kami tidak tahu seperti apa masa depan zero-carbon, namun kami harus membuat keputusan dalam lima atau 10 tahun ke depan yang akan berdampak hingga 2050,” katanya dilansir dari Reuters. “Tekanan sosial dan lingkungan akan terus meningkat dan kami perlu berkolaborasi dalam dunia pengiriman.”

Sebuah laporan terpisah pada hari Rabu oleh Koalisi Getting to Zero yang dipimpin industri juga mengatakan industri perkapalan “tidak punya waktu untuk disia-siakan”.

Referensi: Reuters, Hellenic Shipping News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *